Selasa, 15 November 2016

ANALISIS E-COMMERCE (BHINNEKA)

DESKRIPSI

Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993 sebagai toko offline biasa. Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC.
Bhinneka merupakan salah satu e-commerce yang terdapat di Indonesia yang bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT atau teknologi. Dengan alamat web www.bhinneka.com. Bisa dibilang bhinneka merupakan pelopor online store yang saat ini terus berkembang dan bertumbuh menjadi situs e-Commerce terbesar di Indonesia. Disebut angkatan pelopor, yaitu situs yang tayang sebelum abad 21, sekitar tahun 1996-1999. Sebelum Bhinneka.com tentu sebagian masyarakat masih ingat Online Store pertama Indonesia yang sudah almarhum sejak lama yaitu toko buku sanur.co.id, setelahnya Bhinneka.com dan beberapa situs lain muncul setelahnya.
Bhinneka.com (Indonesia #1 Webstore), dari tagline memang bervisi untuk menjadi pemain di "kandang sendiri", bagaimana bisa menjadi pilihan Online Shopping bagi masyarakat Indonesia. Seperti dituliskan oleh pendiri Bhinneka.com, Hendrik Tio pada profil di web-nya, bahwa pelayanan antusias dari hati yang membangun kepercayaan dan gempuran-gempuran persaingan yang dihadapi kemudian hari.

TIPE SISTEM

Bhinneka sendiri merupakan tipe e-commrce Bussines to Consumer (B2C). B2C sendiri adalah jenis e-commerce antara perusahaan dan konsumen akhir. Hal ini sesuai dengan bagian ritel dari e-commerce yang biasa dioperasikan oleh perdagangan ritel tradisional.
Jenis ini bisa lebih mudah dan dinamis, namun juga lebih menyebar secara tak merata atau bahkan bisa terhenti. Jenis e-commerce ini berkembang dengan sangat cepat karena adanya dukungan munculnya website serta banyaknya toko virtual bahkan mal di internet yang menjual beragam kebutuhan masyarakat. Jika dibandingkan dengan transaksi ritel tradisional, konsumen biasanya memiliki lebih banyak informasi dan harga yang lebih murah serta memastikan proses jual beli hingga pengiriman yang cepat.
Keuntungan dari model ini adalah :
1.      Penawaran harga dapat berubah sewaktu-waktu(up to date).
2.      Berbelanja dapat lebih cepat dan mudah.
3.      Layanan Call Center tecantum dalam web site.
Kendala penerapan B2C adalah Keamanan dalam transaksi.

 

MODEL BISNIS

Model bisnis bhinneka adalah Oline Store, retailer, dan affiliate. Online store sendiri ini termasuk yang paling banyak dijumpai dari skala kecil hingga besar. Di sini, penjual atau pemilik produk membangun toko online dengan alamat domain sendiri dan menjualnya langsung ke konsumen. Pada model online store ini, pemilik situs menyiapkan sistem dan layanan dari hulu ke hilir. Mulai dari sistem teknis pembangunan web berisi catalog produk, sistem pembayaran, hingga distribusi produk yang mencakup penyediaan produk dan pengiriman ke konsumen. Keuntungan dari memiliki toko online seperti ini adalah memiliki kebebasan penuh untuk mengelolanya. Anda dapat mengubah jenis tampilan sesukanya, termasuk membuat blog untuk memperkuat SEO toko online yang dimiliki.
Bhinneka juga termasuk model e-commerce retailer, dimana mereka bekerja sama dengan berbagai produsen peralatan computer, gadget, dan peralatan komunikasi. Dan juga berperan sebagia distributor resmi beberapa produk elektronik lainnya.
Sekarang ini bhinneka membuka web yang bernama Affiliate Bhinneka.Com,  program untuk para pemilik website maupun rekan blogger yang memiliki situs dengan penjunjung ramai. Hanya perlu me-link-kan item barang yang terdapat pada situs Bhinneka.Com. Seluruh produk yang terdapat pada website Bhinneka.Com (kecuali produk dijual di Bursa) bisa dibuatkan link dengan cara yang sangat mudah. Jika terjadi pembelian yang berasal dari link situs Anda, maka Anda berhak mendapatkan sejumlah insentif. Maka secara dari itu bhinneka juga termasuk dalam model affiliate.

MODEL PENDAPATAN

Pendapatan yang di dapat oleh bhinneka berupa sales, dan affiliate. Sales sendiri berupa penjualan barang dagang yang di jual di situs web tersebut. Sedangkan affiliate, berupa komisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar